Peringatan Milad 30 Tahun Pondok Pesantren Modern Al-Mizan

Posted on 25th Oct 2023 at 11:56  by  Ghiyats


Pondok Pesantren Modern Al-Mizan telah mencapai usianya yang ke - 30 tahun pada 2023. Sebagai bentuk kesyukuran, Al-Mizan menyelenggarakan Peringatan Milad 30 Tahun yang dimulai pada tanggal 7 September 2023. Rentetan agenda Peringatan ini diisi dengan berbagai kegiatan yang terbagi menjadi 4 divisi: Kegiatan Santri; Kegiatan Alumni; Kegiatan Kepesantrenan; dan Kegiatan Masyarakat. 

Pembukaan Peringatan Milad 30 tahun Al-Mizan ditandai dengan pembukaan Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak Al-Mizan Galang Kreasi (AGRASI) pada Kamis, 7 September 2023 yang diikuti oleh 60 pesantren dari 4 provinsi (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Lampung) dengan lebih dari 1500 peserta dan pembimbing. Acara ini dilaksanakan di kampus Al-Mizan 1 Rangkasbitung yang memiliki luas lahan 15 hektar, sehingga memadai untuk menyelenggarakan kegiatan perkemahan dalam jumlah besar. Acara ini dilaksanakan selama 4 hari, pada Kamis - Ahad, 7 - 10 September 2023. 

Dilanjutkan dengan kegiatan kepesantrenan pada Rabu, 13 September 2023 dalam bentuk Seminar Kepesantrenan bersama Dr. KH. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A., Ketua Senat Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dengan tema: "Meneguhkan Nilai-Nilai Pesantren Putri Yang Ideal", sebagaimana pengalaman beliau merintis dan memimpin Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan selama 22 tahun. Diikuti tidak kurang dari 300 kyai, nyai, dan santri yang hadir mengikuti agenda tersebut di Aula kampus Al-Mizan 2 Putri Pandeglang. 

Berselang 2 hari, kegiatan Seminar Fiqhunnisa pun dilaksanakan pada Jum'at, 15 September 2023 pukul 14.00 di Aula Al-Mizan 2 Putri Pandeglang, dengan menghadirkan KH. Ahmad Qusyairi Ismail, dengan tema: "Memahami Problematika Fiqh Wanita" yang diikuti oleh seluruh santri dan guru Pondok Pesantren Modern Al-Mizan 2 Putri Pandeglang. Seminar ini membuka lebar pemahaman tentang problematika Fiqh Wanita terkait haid, nifas, dan permasalahan putri lainnya dalam pandangan fiqh, yang menjadi bekal penting bagi para santri putri Al-Mizan. 

Selanjutnya, Al-Mizan Language Festival (ALF) digelar pada Selasa 26 September 2023 di Kampus Al-Mizan 1 Rangkasbitung. Agenda ini diselenggarakan sebagai bentuk kompetisi kecakapan bahasa Arab dan Inggris para santri dalam berbagai bentuk lomba: story telling, drama, spelling bee, eat bulaga, dan lainnya. Karena bahasa Arab dan Inggris adalah 'Mahkota Pondok' (Taajul ma'had) sehingga, pelaksanaan ALF ini relevan dengan pengembangan bahasa santri yang digalakkan di pondok-pondok pesantren.