Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam Program Kaderisasi Ulama (PKU) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor

Posted on 11th Nov 2023 at 08:38  by  Admin Al Mizan


Program Kaderisasi Ulama (PKU) Universitas Darussalam Gontor Angkatan ke XVII mempresentasikan Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam di Auditorium Pondok Pesantren Modern Al-Mizan, Narimbang, Rangkasbitung, Lebak, Banten pada Jum’at (10/11/2023). Kegiatan ini di hadiri oleh Bapak Pimpinan Pondok, Dewan guru, Pembimbing PKU dan Peserta PKU serta seluruh santriwan dan santriwati kelas 1-5.


Dijelaskan bahwa PKU didirikan untuk mengkaderisasi calon ulama di ranah pemikiran dan peradaban Islam, para peserta PKU telah dibimbing, dibina dan dididik tentang pengetahuan luar yang umum dan fenomena masyarakat juga pemerintah.


Acara dibuka oleh Master Of Ceremony (MC) Imron Ardiansyah, santri kelas 5A, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Syahid Ali santri kelas 4A.
Kemudian disambut dengan tausyiah mengenai penggapaian seorang ulama, oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Mizan Drs. KH. Anang Azahrie Alie, M.Pd.I “Ulama di dunia masih mudah untuk di gapai, Lain halnya dengan menjadi Ulama Akhirat. Karena Ulama tidak hanya memiliki tingkatan ilmu, tapi juga memiliki tingkata adab” ini sesuai dengan yang diungkapkan pepatah Arab yang masyhur:
الأدب فوق العلم
“Adab itu di atas ilmu”
Berbahaya seorang ulama yang memiliki banyak ilmu tapi tidak beradab. Sehingga tidak bisa menjadi contoh dan uswah yang baik bagi masyarakat dan ummat.


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Mentor PKU UNIDA Gontor, Ust. Yongki Sutoyo, S.T., M.Ag. yang menyampaikan pentingnya peran PKU dalam meng-counter dan melawan tantangan pemikiran di dunia Islam yang banyak terpengaruhi oleh pemikiran Barat yang tidak semuanya sesuai dengan nilai-nilai masyarakat Islam. Sehingga PKU dibentuk untuk mempersiapkan kader-kader ulama yang siap dan memiliki bekal untuk untuk menghadapi tantangan pemikiran tersebut.


Setelah sesi pembukaan selesai, agenda inti seminar pemikiran dan peradaban Islam pun dimulai dengan presentasi dari 3 peserta PKU, materi pertama disampaikan oleh Ust. Ahmad Syarif Mas’ud, Lc. Dengan materi “Problematika Metode Sosio Historis Abdullah Saeed Dalam Penafsiran Al-Qur’an: Studi Kritis”, dan dilanjutkan oleh Ust. Muhammad Reza, S.Sos. dengan tema “Problem Humanisme dalam Komunikasi Intrapersonal”, dan yang terakhir yaitu Ust. Fahmi Habibi Musthafa, S.H. tentang “Psikologi Kematian Prespektif Ernest Becker: Analisa Kritis”. Sesi seminar ini dipimpin oleh Ust. Denny Fathur Rachman, S.Pd. sebagai moderator.
Usai penyampaian materi, sesi tanya jawab dan diskusi pun dibuka. Para santri bersemangat untuk menyampaikan pertanyaan terkait materi-materi yang telah disampaikan oleh para narasumber tersebut.


Penulis    : Enrique Abe Adam Alharist & M. Ghiffari Diya’Ulhaq
Editor    : Ahmad Ghiyats Fawwaz